Transform Logo

Pembentukan Kelompok dan Penyusunan Rencana Kerja CLG

Uzlifatul Azmiyati      21 Maret 2017      KEGIATAN


Kegiatan dimaksudkan untuk membentuk kelembagaan sekaligus menyusun rencana kerja CLG. Lebih rinci, tujuannya kegiatan adalah untuk membangun kesepakatan terkait struktur dan orang-orang yang terlibat dalam kepengurusan CLG, serta membangun kesepakatan mekanisme dan program kerja CLG. Terbentuknya kepengurusan CLG di masing-masing desa dan disepakatinya mekanisme dan program kerja CLG.

Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari yaitu dari tanggal 24 – 26 Januari 2017 bertempat di kantor desa masing-masing desa lokasi program (Desa Kabar, Desa Padamara, dan Desa Jantuk). Peserta yang diundang di masing-masing desa sebanyak 40 orang terdiri dari unsur Kepala Desa, Sekdes, Kepala Dusun, BPD, LKMD, calon anggota CLG, Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur, dan tim Transform. Dalam pelaksanaannya jumlah peserta yang hadir tidak sama. Peserta di Desa Kabar sebanyak 51 orang, Desa Padamara sebanyak 41 orang, dan Desa Jantuk sebanyak 39 orang.

Beberapa poin penting kegiatan pembentukan kelompok dan penyusunan rencana kerja CLG sebagai berikut:

  1. Masing-masing pemerintah desa mengapresiasi pembentukan kelompok CLG yang dilakukan di desa mereka, serta mendukung para pengurus CLG yang terbentuk agar bekerja secara profesional dan bertanggung jawab.
  2. Peserta yang hadir adalah berdasarkan hasil pemetaan yang telah dilakukan sebelumnya dan menyatakan diri sanggup menjadi anggota CLG. Hasil pemetaan menunjukkan orang-orang tersebut mempunyai kepedulian sosial tinggi dan aktif dalam kegiatan desa serta mempunyai kemampuan komunikasi yang baik.
  3. Proses pemilihan pengurus CLG dilakukan Pembentukan kelembagaan CLG dilakukan secara partisipatif, dimana nama-nama warga yang terlibat sebagai pengurus dipilih langsung oleh semua peserta. Masing-masing peserta menuliskan nama-nama pengurus melalui kertas metaplan.
  4. Struktur CLG terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara dan koordinator tingkat dusun. Tim penasehat terdiri dari kepala desa, kepala dusun dan BPD.
  5. Hasil pemilihan di masing-masing desa sebagai berikut :
  • Desa Kabar : Hasil pemilihan,  Zaenur (ketua), Wardatul Isnaini (Sekretaris), Muzaeniah (bendahara). Nama-nama koordinator dusun yang di sepakati oleh peserta diantaranya: Kabar Utara (Sa’adah), Kabar Selatan (Ra’imah), Perenang (Mawardi), Terentem (Sumarni), Dasan Agung (Sapri)
  • Desa Padamara : Hasil pemilihan, Lalu Suhadi (Ketua),  Aminah (Sekretaris) Baiq Luluk Muzayyanah (Bendahara). Koordinator Dusun adalah Dasar Tangar(Hariyani), Dasan Baru (Zulfan Hadi), Timuk Rurung (Lalu Dendi), Lauk Rurung (Baiq Herlin), Dayen Rurung (Muslihan)
  • Desa Jantuk : Hasil pemilihan,Khusnul Khotimah(Ketua), Lilis Sugiartina (Sekretaris)Ela Solvia(Bendahara). Koordinator Dusun Gubuk Lauk (Isayanti), Gubuk Daya (Raudhatul Jannah) dan Gubuk Lensok (Saodah).
  1. Nama kelompok CLG yang terbentuk di Desa Kabar adalah CLG Tunas Kabar, di Desa Padamara adalah CLG Mekar Bersemi, dan di Desa Jantuk adalah CLG Karya Dita. Sekretariat CLG bertempat di salah satu pengurus CLG yang telah terbentuk di masing-masing desa.
  2. Mekanisme kerja CLG :
  1. Kelembagaan yang sudah terbentuk akan melakukan pengembangan proses belajar bersama secara reguler selama 7 bulan.
  2. Materi belajar difokuskan pada pengembangan ekonomi yang telah dirumuskan bersama dalam workshop pemetaan potensi dan sinkronisasi program.
  3. Secara teknis proses belajar dilakukan melalui pelatihan secara terstruktur (melibatkan pelatih profesional). CLG selanjutnya menindaklanjuti hasil pelatihan melalui praktek secara mandiri dalam kelompok CLG untuk menerapkan dan mengajak semua warga yang berminat untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan.
  4. Satu materi pelatihan dapat dilakukan lebih dari satu kali dan praktek mandiri dilakukan secara berulang-ulang sampai dapat dilakukan dengan baik minimal 4 kali pertemuan dalam sebulan.
  5. Semua kegiatan diinisiasi oleh pengurus CLG. Transform berperan sebatas pendamping dan fasilitasi proses. 
  6. CLG bersama Transform akan melakukan evaluasi bulanan menyangkut proses yang sudah dilakukan maupun merencanakan kegiatan pada bulan berikunya.

Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah (1) Launching program CLG yang akan dilakukan di pendopo Bupati Kabupaten Lombok Timur pada pertengahan Bulan Februari 2017, (2) Pelatihan tata kelola kelembagaan dan pelatihan dasar-dasar fasilitator.

Share to:

Twitter Facebook Google+ Stumbleupon LinkedIn
Kegiatan | Pelatihan Tata Kelola Kelembagaan Dan Dasar-Dasar Fasilitator

Tanggal 18-20 April 2017 lalu Transform melaksanakan pelatihan tata kelola kelembagaan dan dasar-dasar fasilitator. Kegiatan ini bertempat di Hotel Lombok Garden Mataram. Kegiat

Kegiatan | Monitoring Kegiatan Transform dengan PT. HM Sampoerna oleh Kemendagri

Pada hari Jumat tanggal 24 Maret 2017, Kemendagri melakukan monitoring kegiatan yang dilakukan oleh Transform yang bekerjasama dengan PT. HM Sampoerna. Kemendagri yang diwakili

Kegiatan | Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Pelatihan Pengolahan Pangan

Pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 3 – 4 Maret 2017yang lalu telah dilakukan kegiatan pengembangan ekonomi masyarakat yangbertempat di kantor desa Desa Jantuk. Kegiatan ini

Kegiatan | Pelatihan Pemanfaatan Pekarangan, Kerjasama CLG dengan Lembaga Transform

Kegiatan dimaksudkan untuk mendayagunakan secara optimal manfaat ekonomi dan estetika pekarangan. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 20 – 22 Februari 201

Kegiatan | Workshop Pemetaan Potensi dan Sinkronisasi Program CLG dengan Pemerintah Desa

Kegiatan dimaksudkan untuk memetakan potensi pengembangan ekonomi, aktor yang terlibat dan berbagi peran dengan masing-masing pemerintah desa. Output yang diharapkan dari kegiat

Profil Lembaga

Pengalaman

Pengunjung

Flag Counter

MEMBAWA PERUBAHAN KEARAH YANG LEBIH BERMAKNA

© LEMBAGA TRANSFORM