Transform Logo

Pelatihan Kesehatan Lingkungan dan Sosialisasi ALP

admin      2015-06-02      KLIPING


Kegiatan dimaksudkan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat terutama petani dan buruh tani tembakau, juga dukungan terhadap program pemerintah daerah, mengingat isu kesehatan merupakan salah satu program strategis nasional dan pemerintah daerah. Materi pelatihan difokuskan pada materi kesehatan lingkungan dan sosialisasi prinsip-prinsip ALP. Hal itu cukup penting mengingat petani dan buruh tani tembakau setiap tahun bersentuhan langsung dengan praktek pertanian tembakau.

Pelaksanaan kegiatan dua kali yakni tanggal 27 Mei 2015 di Desa Bungtiang dan tanggal 28 Mei 2015 di Desa Montong Baan. Sasaran penerima program sebanyak 90 orang (46 peserta di Desa Montong Baan dan 44 peserta di Desa Bungtiang). Unsur peserta terdiri dari kader kesehatan, anggota KWT, Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur, Petugas Kesehatan Puskesmas dan Pustu, perwakilan Tim Penggerak PKK Kecamatan dan perwakilan PKK tingkat desa. Tenaga pelatih untuk materi kesehatan berasal dari Dinas Kesehatan Lombok Timur yakni L. Saruji Ahmad (Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan), dan L. Hasanuddin (Kepala Seksi Promosi Kesehatan). Sedangkan materi sosialisasi prinsip-prinsip ALP disampaikan oleh Transform.

Metode pelatihan dipadukan antara teori dan praktek. Pada saat pelatihan masing-masing peserta diberikan praktek lapangan untuk menilai kondisi lingkungan sekitar. Pelibatan tenaga pelatih dari pihak pemerintah dimaksudkan untuk menjalin kolaborasi program dan pembinaan lebih lanjut ke depan. Tindak lanjut kegiatan pelatihan yakni (i) diperlukan buku saku untuk dibagikan ke warga; (ii) Diperlukan dukungan untuk pembangunan jamban keluarga; (iii) pertemuan rutin kader kesehatan.

Share to:

Twitter Facebook Google+ Stumbleupon LinkedIn

Profil Lembaga

Pengalaman

Pengunjung

Flag Counter

MEMBAWA PERUBAHAN KEARAH YANG LEBIH BERMAKNA

© LEMBAGA TRANSFORM