Transform Logo


Sosialisasi dan Sinkronisasi Program CLG 2018 - Pemdes Bersedia Berkolaborasi dengan CLG

saprudin      2018-07-21      KLIPING


Selong - Sejumlah Kepala Desa yang menghadiri kegiatan sosialisasi dan sinkronisasi program menyatakan komitmennya mendukung program pemberdayaan petani perempuan dan buruh tani melalui Community Learning Group (CLG). Mereka bersedia untuk berkolaborasi dengan CLG. Hal ini disampaikan saat kegiatan berlangsung di Lombok Timur beberapa waktu lalu.

“kami sangat bersyukur program ini dilanjutkan. Sinkronisasi program Pemerintah Desa dengan CLG mutlak kami lakukan dan wajib untuk didukung. Hal ini penting untuk memastikan perencanaan di desa tetap pada relnya; berdasarkan usulan warga atau yang sering kita sebut sebagai perencanaan dengan pola pendekatan button up. InsyaAllah, kedepan kami akan mengalokasikan anggaran desa untuk pengembangan usaha produktif yang saat ini dikembangkan oleh CLG,” ungkap Marzoan, kepala desa baru  Desa Kabar, saat pleno perumusan program bersama antara Pemerintah Desa dan CLG Lesehan Rirana, kamis, 19 Juli 2018 .

Lebih lanjut, sejumlah kepala desa yang hadir dalam kegiatan itu menyatakan bahwa  program pemberdayaan ekonomi yang diselenggarakan oleh Lembaga Transform akan sangat membantu Pemerintah Desa dalam upaya menurunkan angka kemiskinan dan memperkecil gap antara orang kaya dan orang miskin  di desa.

Pemerintah Desa saat ini masih terus mencari formulasi yang tepat untuk menjawab persoalan kemiskinan di desanya. Karenanya, kehadiran program ini diharapkan akan bisa membantu desa dalam menjawab meluasnya masalah kemiskinan di desa.

“Kami sangat optimis program ini bisa membantu menambah penghasilan warga selain dari aktifitas berburuh saat musim tembakau,”  ungkap Jumadil, Kepala Desa Batu Putik saat memberikan tanggapan disesi dialog kegiatan sosialisasi dan sinkronisasi program CLG.

Disaat yang sama, Mukhtar Selaku Manager Program CLG menekankan kepada para pemangku kepentingan yang terlibat dalam acara tersebut berharap bisa terjalin sinergi yang kuat antar semua pihak untuk memastikan program bisa berjalan sesuai dengan harapan perempuan tani dan buruh tani yang tergabung dalam CLG berdaya secara ekonomi.  

Lain lagi yang disampaikan oleh Ibu Ana, Ketua CLG Setandan Desa Senyiur. Ia mengungkapkan dukungan dan komitmen pemerintah desa ini harus dikawal sebagai wujud partisipasi aktif warga dalam penyelenggaraan pembangunan di desa.

“kami dari CLG Desa Senyiur sudah mendapatkan bantuan anggaran dari Pemerintah Desa dalam kerangka emnsupport CLG untuk mengembangkan usahanya. Bantuan dana yang kami dapatkan kasmi sadari masih belum cukup, namun setidaknya ada Pemerintah Desa memiliki itikad baik untuk mendukung peengembangan ekonomi kelopok Wrga di desa. Saya berharap Pemerintah Desa di desa yang lain juga bisa mengalokasikan anggaran desa sebagai bentuk dukungan Pemerintah Desa kepada warganya.” Imbuh Bu Ana saat diskusi. 

Sementara Ibu Luluk Kabid Pemberdayaan Masyarakat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lombok Timur memberikan masukan saat review hasil rumusan program bersama antara CLG dan pemerintah desa.

Share to:

Twitter Facebook Google+ Stumbleupon LinkedIn

Profil Lembaga

Pengalaman

Pengunjung

Flag Counter

MEMBAWA PERUBAHAN KEARAH YANG LEBIH BERMAKNA

© LEMBAGA TRANSFORM